Mengapa Lebih Baik SMK daripada SMA? Ini Kelebihan yang Didapatkan Anak SMK!

Mengapa Lebih Baik SMK daripada SMA? Ini Kelebihan yang Didapatkan Anak SMK!

Saat berada di kelas IX SMP/MTs/Sederajat dan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mungkin ada beberapa dari kamu yang berpikir, “Apakah aku harus melanjutkan ke SMK atau SMA?”.

Umumnya, kebanyakan anak SMP/MTs/Sederajat mungkin lebih memilih melanjutkan ke SMA karena ini memang pilihan utama banyak anak. Namun, saat ini tak bisa dipungkiri kalau kualitas SMK juga tidak kalah dengan SMA.

Bahkan, lulusan SMK disebut lebih berpengalaman dibandingkan dengan SMA. Jadi, jika kamu masih bimbang memilih antara SMK dan SMA, berikut adalah beberapa kelebihan SMK yang tidak dimiliki oleh SMA.

1. Menguasai Keahlian Kejuruan saat Lulus

Masing-masing SMK memiliki jurusan yang berbeda-beda. Jadi, saat akan masuk SMK, sebaiknya kamu memilih sekolah dengan jurusan yang kamu minati.

Di sini kamu akan mendapatkan pelajaran yang sesuai dengan jurusan yang dipilih, dibandingkan dengan pelajaran lain. Jadi, meski waktu belajarnya sama dengan pelajar SMA, tetapi pelajaran praktik siswa SMK lebih unggul.

animasi

2. Memiliki Bekal Kewirausahaan

Selain memiliki bekal ilmu kejuruan sesuai dengan jurusan yang dipilih, siswa SMK juga akan dibantu untuk memiliki bekal di bidang kewirausahaan. Jadi, selama sekolah kamu akan mendapatkan mata pelajaran kewirausahaan dan sekaligus praktek. Jadi, kamu akan mendapatkan pengalaman langsung dalam hal berwirausaha.

3. Siap Kerja Setelah Lulus

Berbeda dengan siswa SMA yang kebanyakan tujuan selanjutnya setelah lulus adalah kuliah, lulusan SMK justru sudah siap untuk memasuki dunia kerja karena selama sekolah sudah dibekali dengan keahlian khusus, baik secara teori maupun praktik sesuai program keahlian yang dipilih.

Jadi, tidak heran jika banyak anak SMK yang lebih memilih untuk bekerja terlebih dahulu barulah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi setelah beberapa lama kerja. Sebenarnya, ini bisa menjadi pilihan terbaik karena kamu jadi lebih tahu jurusan apa yang ingin dipelajari di universitas.

4. Pelajaran Praktik Lebih Diutamakan

Berbeda dengan SMA, di SMK lebih diutamakan pelajaran praktik daripada teori. Alasannya karena di SMK lebih banyak pelajaran kejuruan yang memang harus dipelajari dengan cara praktik, bukan sekadar teori.

Namun, siswa SMK tetap mendapatkan pelajaran teori yang sama seperti pelajar SMA. Hanya saja, siswa SMK mendapatkan kelebihan dengan tambahan pelajaran keahlian yang jauh lebih banyak daripada.

5. Siswa Mendapatkan Pengalaman PKL

Kelebihan siswa SMK lainnya adalah mendapatkan gambaran nyata bagaimana situasi di dunia kerja karena melakukan program Praktek Kerja Lapangan (PKL). Ini karena setiap siswa SMK wajib melaksanakan PKL di kelas XI dan sebagian saat menginjak kelas XII.

PKL ini merupakan salah satu program yang harus dilakukan siswa SMK jika ingin lulus dengan nilai yang bagus. Tak jarang, anak SMK yang PKL langsung diterima bekerja di perusahaan yang sama karena pekerjaannya yang memuaskan.

6. Tetap Bisa Lanjut Kuliah

Banyak yang beranggapan kalau anak SMK sulit untuk melanjutkan pendidikan ke universitas atau perguruan tinggi. Ini sebenarnya tidak benar. Namun, pada kenyataannya, memang lebih banyak lulusan SMK yang lebih memilih untuk bekerja terlebih dahulu dibandingkan langsung kuliah.

Namun, lulusan SMK sebenarnya tetap bisa langsung melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jika ingin memperdalam bidang ilmu yang didapatkan di SMK, maka kamu bisa memilih program studi yang selaras dengan jurusan di SMK.

Jika tidak, kamu juga bisa belajar bidang atau keahlian baru di perguruan tinggi dengan mengambil program studi yang tidak sama dengan jurusan saat di SMK. Semuanya kembali ke preferensi masing-masing dan tidak ada paksaan.

Fashion Designer

7. Peluang Membuka Usaha Sendiri Lebih Besar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, siswa SMK dibekali dengan ilmu mengenai kewirausahaan. Jadi, selain menjadi pegawai dan bekerja di perusahaan, lulusan SMK juga memiliki peluang lebih besar untuk membuka usaha sendiri.

Banyak kisah sukses anak SMK yang membuka usaha kecil-kecilan setelah lulus dan mampu membesarkan usahanya menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Ini semua karena siswa SMK memiliki bekal yang jauh lebih banyak mengenai wirausaha dibandingkan anak SMA.

8. Biaya Sekolah Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan SMA swasta, biaya pendidikan di SMK relatif lebih terjangkau. Meskipun di SMK dipastikan akan banyak praktek, tetapi biaya yang dikeluarkan tidak akan sebanyak SMA.

Lagipula, biaya yang dikeluarkan tersebut sebanding dengan ilmu dan pengalaman yang akan didapatkan anak SMK. Apalagi jika kamu praktek di tempat berkualitas dan bergengsi yang bisa menjadi pengalaman berharga dan bisa ditulis di CV.

Jadi, jangan ragu jika kamu ingin memilih SMK dibandingkan SMA karena sudah terbukti banyak kelebihannya. Jika kamu juga ingin langsung bekerja dan menunda kuliah, maka SMK menjadi pilihan terbaik dibandingkan SMA.

~Febria